Home / Berita / ‎Kopma Unila Dorong Gen Z Jadi Motor Ekonomi Digital Lewat Seminar Nasional COUNFEST

‎Kopma Unila Dorong Gen Z Jadi Motor Ekonomi Digital Lewat Seminar Nasional COUNFEST

FEB Unila – Koperasi Konsumen Mahasiswa Universitas Lampung (Kopma Unila) sukses menyelenggarakan puncak acara Seminar Nasional dan Closing Ceremony Coop Education Festival (COUNFEST). Bertempat di Student Center Lantai 1 Unila Sabtu, 27 September 2025.

Dalam acara ini mengangkat isu kupas tuntas peran krusial Generasi Z dalam menciptakan tren, mengembangkan jurnalisme warga, dan mengakselerasi inovasi ekonomi digital.

‎‎Tema yang diangkat ialah “Potensi Media Sosial: Peran Gen Z dalam Menciptakan Tren, Jurnalisme Warga dan Inovasi Ekonomi Digital di Dunia Kreatif yang Terus Berkembang,” seminar ini menegaskan bahwa koperasi mahasiswa kini harus bertransformasi menjadi pusat pengembangan skill digital, bukan sekadar unit usaha konvensional.

‎‎Turut hadir Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB Unila, Dr. Neli Aida, S.E., M.Si., Dinas koperasi dan UKM Provinsi Lampung yang kali ini diwakili oleh Rahma Dewi suryani, S.E., M.M. dan Deputi bidang kelembanggan dan digitalisasi koperasi Henra Saragih, S.H., M.H., M.Kn.

‎‎Dalam sambutannya Wakil Dekan III menekankan pentingnya adaptasi. “Kita harus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Generasi Z tumbuh di era digital, mereka kreatif, ekspresif, fleksibel, dan punya banyak potensi,” ujarnya. 

‎‎Beliau mengingatkan, potensi ini juga datang bersama tantangan seperti algoritma dan tekanan psikologis di media sosial. Oleh karena itu, bekal keilmuan dari FEB Unila sangat penting agar mahasiswa dapat berperan aktif di sektor koperasi Indonesia, sejalan dengan karakter Gen Z yang peduli lingkungan dan sosial.

‎Kepala dinas koperasi dan UKM Provinsi Lampung juga menegaskan bahwa Kopma memiliki peran yang jauh lebih besar dari sekadar unit usaha. Beliau menekankan,

“Kopma ini bukan hanya menjadi wadah ekonomi, tetapi ruang kolaborasi, inovasi, dan kreativitas. Harus mampu menjadi laboratorium kewirausahaan dan inkubator yang menumbuhkan jiwa kemandirian serta solidaritas.” tegasnya.

‎‎Seminar ini menghadirkan tiga pakar untuk membahas potensi tersebut yaitu Dendy F Amin (Deputi Wilayah BEI Lampung) mengupas investasi digital, Anindytha Arsa (Edu-content creator) membahas strategi konten, dan Dian Wahyu K, M.Si (Pimpinan Redaksi Lampung Geh) menyoroti pentingnya jurnalisme warga yang bertanggung jawab.

‎‎‎Acara ditutup dengan Closing Ceremony yang meriah, ditandai dengan penyerahan hadiah dan sertifikat kepada para finalis lomba yang diadakan selama festival.

Momen ini menjadi penutup yang menggaris bawahi pesan utama kegiatan, bahwa kegiatan ini merupakan momentum penting dalam mendorong peran aktif koperasi mahasiswa sebagai ruang kolaborasi dan kreativitas generasi Z.

‎Dengan suksesnya Seminar Nasional ini, Kopma Unila telah menetapkan standar baru bagi organisasi mahasiswa dalam menyebarkan pengetahuan terkini mengenai media sosial dan ekonomi digital, baik untuk komunitas mahasiswa maupun masyarakat luas yang membutuhkan bekal potensi Generasi Muda. (Eka Lediyana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *