Seminar Daerah Micro Finance

IMG_2147Dalam upaya mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan menengah kebawah dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diperlukan dukungan yang komprehensif dari lembaga keuangan.

Untuk itu pada senin 1 Juni 2015 Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Lampung bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaksanakan seminar daerah Micro Finance bertempat di Gedung E102 FEB Unila.

IMG_2092Dalam sambuatannya ketua ISEI Cabang Lampung Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A menyampaikan bahwa selama ini UMKM terkendala akses pendanaan ke lembaga keuangan formal, sementara di masyarakat telah tumbuh dan berkembang banyak lembaga keuangan non-bank yang melakukan kegiatan usaha jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik yang didirikan pemerintah atau masyarakat, yang dikenal dengan sebutan lembaga keuangan mikro (LKM).  isu mendasar yang muncul dengan tumbuhnya LKM antara lain pertama, perlukah LKM diatur dan diawasi? kedua, apabila hendak diatur dan diawasi, apakah berlaku bagi semua LKM? Seminar ini adalah untuk menggali ide dan gagasan strategis tentang strategi pengembangan keuangan mikro di Indonesia, khususnya di Lampung termasuk mekanisme pengawasan yang efektif terhadap lembaga keuangan mikro.

Dekan FEB Unil Prof. Dr. Satria Bangsawan, S.E., M.Si menyambut baik kegiatan ini terlebih dalam menyambut ulang tahun emas FEB. FEB harus banyak memunculkan ide-ide kreatif, pokok-pokok pikiran yang gemilang khususnya dalam meningkatkan ekonomi dni propinsi Lampung.

Kegiatan seminar ini diikuti oleh Mahasiswa, Dosen/Pengajar di Fakultas Ekonomi pada PTN/PTS di Lampung, Pengamat Ekonomi, Praktisi Keuangan Mikro, Persatuan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Lampung dan Komunitas Perbankan lainnya di daerah, Dinas Koperasi dan UMKM dan BLUD Perkuatan Modal, Asosiasi Pengusaha dan Profesi di daerah

Narasumber dalam seminar ini adalah

 

  1. Marwan Cik Asan, MM. (Wakil Ketua Komisi XI DPR RI)
  2. Besari, S.E., M.Si., C.A (Ketua OJK Lampung)
  3. Agus Nompitu, S.E., M.T.P (Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Lampung)
  4. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A (Akademisi FEB Unila/Ketua ISEI Cabang Lampung)

Download:  Bahan1, Bahan2, Bahan3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *