Magister Ilmu Akuntansi

Jurusan Akuntansi merupakan salah satu program studi yang berada di dalam lingkungan FE UNILA. Hingga saat ini, Fakultas Ekonomi Universitas Lampung telah memiliki berbagai program pendidikan, antara lain: (i) 3 (tiga) program bergelar sarjana (S1) untuk Program Studi Manajemen, Ilmu Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi; (ii) 4 (empat) program diploma (D3) yaitu D3 Akuntansi dan Perpajakan, D3 Keuangan, D3 Pemasaran dan D3 ; (iii) 1 (satu) program profesi (Program Profesi Akuntansi); (iv) dan 1 (satu) program magister (S2) yaitu Magister Manajemen. Pada tahun 2009, ketiga program studi tingkat S1 FE UNILA telah berhasil memperoleh Akreditasi A (Sangat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia melalui Surat Keputusan No: 020/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009 tanggal 2 April 2009. Jurusan Akuntansi sampai saat ini telah menghasilkan 543 (limaratus empat puluh tiga) orang sarjana lulusan Program Studi S-1 Akuntansi yang telah bekerja pada berbagai instansi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Jumlah dosen yang mengajar di Jurusan Akuntansi sebanyak 34 (tigapuluh empat) orang, yang terdiri dari 3 (tiga) orang bergelar doktor, 26 (duapuluh enam) orang bergelar master dan 5 (lima) orang masih bergelar sarjana.

Menurut data penerimaan mahasiswa baru pada FE UNILA, jumlah peminat program gelar (diploma, sarjana, profesi, dan magister) terus meningkat sejak 5 tahun terakhir. Hal ini sejalan dengan hasil survey pendahuluan yang disebarkan kepada beberapa instansi pemerintahan dan swasta yang ada di Bandar Lampung, 100% responden menjawab sangat memerlukan program pascasarjana di bidang akuntansi di Lampung, dan 95% responden menjawab akan mengikuti program tersebut jika dibuka oleh FE UNILA.

Mengantisipasi kebutuhan tenaga dibidang akuntansi yang profesional dan memiliki kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi, maka sudah saatnya Jurusan FE UNILA membuka Program PIA. Prospek pendirian Program PIA di Lampung sangat baik, karena Program tersebut akan merupakan satu-satunya Program PIA di Lampung, sehingga ketersediaan peminat calon peserta didik tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sesuai dengan kenyataan tingginya kebutuhan tenaga kerja dibidang akuntansi (baik tenaga pendidik maupun profesional) yang berpendidikan setara master, namun dilain pihak ketersedian tenaga tersebut masih sangat terbatas. UNILA mempunyai potensi untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut bila dilihat dari komposisi kualifikasi tenaga pengajar FE UNILA dan pengalaman yang diperoleh dari pengelolaan Program Pascasarjana yang telah ada di UNILA.

Visi
“Menjadi PS Studi Magister Ilmu Akuntansi lima terbaik di Indonesia pada Tahun 2025 melalui keunggulan pendidikan dan riset akuntansi yang berorientasi pada pengembangan ilmu dan aplikasinya dalam dunia bisnis”.

Dengan visi ini, diharapkan PS MIA FEB Unila mampu menghasilkan output di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas yang tinggi dan mampu bersaing di tingkat nasional atau internasional. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh civitas akademika dan alumninya diharapkan PS ini turut berkontribusi dalam pembangunan dan penyelesaian permasalahan-permasalahan yang ada, baik di sektor swasta maupun pemerintahan.

Visi yang disusun dengan memperhatikan kondisi yang ada dan perubahan yang terjadi di masa depan ini telah dirumuskan sejalan dengan Visi Universitas Lampung, yaitu: “Pada Tahun 2025 Unila Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia”, dan mendukung tiga pilar pembangunan pendidikan tinggi dari Renstra Pendidikan Tinggi 2010-2014, yaitu:

(i) Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi warga negara melalui PS diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor;

(ii) Meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing dalam rangka menjawab kebutuhan pasar; dan

(iii) Meningkatkan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

Misi Program Studi

Misi PS MIA-FEB Unila adalah:

(i) Menyelenggarakan pendidikan PS Magister Ilmu Akuntansi yang berkualitas dan profesional dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik;

(ii) Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengedepankan nilai-nilai moral, integritas, etika dan profesionalisme;

(iii) Berpartisipasi aktif dalam pengembangan ilmu dan praktek akuntansi di lingkungan akademik, lingkungan profesi dan masyarakat pada umumnya.

Tujuan PS Studi

Tujuan pelaksanaan PS MIA-FEB Unila adalah untuk:

(i) Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang akuntansi; yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional;

(ii) Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan dengan kualifikasi dan kompetensi tinggi yang menjunjung tinggi nilai moral, integritas, dan etika; dan

(iii) Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan keilmuan.

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai PS MIA FEB Unila pada tahun 2025 adalah:

1. Menghasilkan lulusan:

a. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,60;

b. Rata-rata lama studi 2 (dua) tahun;

c. Rata-rata English Proficiency Test (EPT) 500;

d. Publikasi tesis di tingkat lokal (25%), nasional (50%) dan international (25%).

2. Menghasilkan output penelitian:

a. Setiap dosen menghasilkan minimal 1 (satu) judul penelitian setiap tahun;

b. Sumber dana penelitian berasal dari PT sendiri (50%), kerjasama dengan pihak lain (50%);

c. Setiap dosen mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal Internasional (30%), nasional terakreditasi (50%) dan nasional tidak terakreditasi (20%);

d. Menghasilkan buku referensi 5 (lima) judul setiap tahun.

3. Menghasilkan output pengabdian:

a. Setiap dosen melaksanakan minimal 1 (satu) kegiatan pengabdian setiap tahun;

b. Sumber dana pengabdian berasal dari PT/sendiri (50%), kerjasama dengan pihak lain (50%);

c. Memiliki satu desa/kawasan binaan yang menjadi percontohan pengembangan masyarakat.

4. Melaksanakan kegiatan pembentukan suasana akademis:

a. Diskusi mingguan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa serta pihak terkait;

b. Ceramah umum dari para pakar (praktisi dan akademisi) terkemuka baik nasional maupun internasional per triwulan;

c. Melaksanakan seminar daerah, dan nasional setahun sekali serta internasional dua tahun sekali.

5. Meningkatkan kapasitas SDM dan kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan:

a. Peningkatan SDM Dosen (S-3) 100%;

b. Peningkatan SDM Dosen (Guru Besar) 40%;

c. Kerjasama dengan instansi/lembaga dalam negeri (25 Lembaga);

d. Kerjasama dengan instansi/lembaga luar negeri (10 Lembaga).