“Teaching Factory”, Kado Spesial FEB Untuk UNILA

“Teaching Factory”, Kado Spesial FEB Untuk UNILA

FEB Unila | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung meresmikan Teaching Factory pada perayaan Dies Natalis FEB Unila ke-53 Rabu pagi (26/09). Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut, dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Drs. Heri Suliyanto, MM., Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, MP. Wakil Rektor Bid. Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Dr. Ir. Muhammad Kamal, M.Sc. Wakil Rektor Bid. Perencanaan, Kerjasama dan TIK Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc. Para Dekan dan jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Lampung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Lampung beserta anggota, para sesepuh FEB Universitas Lampung tamu undangan serta pimpinan dan para dosen  di lingkungan FEB Unila.

“Teaching factory yang terdiri dari dua gedung kembar yaitu Business Learning Center dan Enterpreneur Development Center ini merupakan suatu sistem pembelajaran yang nantinya akan menjadi tempat praktek bagi mahasiswa dan diharapkan setelah keluar dari FEB Universitas Lampung ini dapat menjadi pengusaha yang siap bersaing setelah melewati proses pembelajaran dan bimbingan oleh para dosen di tempat ini. Pada teaching factory ini terdapat divisi-divisi baik yang berbasis kemitraan, berbasis simulasi, dan juga kaitannya dengan penelitian dan pengembangan. Selain itu, teaching factory ini juga dipersembahkan sebagai hadiah dari FEB Unila kepada Universitas Lampung dalam rangka Dies Natalis Universitas Lampung yang ke-53”, papar Dekan FEB Unila dalam sambutannya.

Rektor Universitas Lampung dalam sambutannya menyampaikan bahwa Teaching Factory ini menjadi salah satu bagian dari Universitas Lampung khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk menyambut revolusi industry 4.0 . Bagaimana kita menyiapkan tenaga kerja yang bukan hanya menguasai teori tetapi memahami juga praktek kewirausahaan tentunya untuk membentuk lulusan yang memiliki daya saing diera globalisasi seperti sekarang ini. Rektor Unila juga mengapresiasi peresmian teaching factory ini dan berharap fakultas lain juga dapat ikut membangun sarana pembelajaran yang serupa.

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Bid. Pemerintahan dan Kesra Drs. Heri Suliyanto, MM. menyampaikan ucapan selamat atas peresmian teaching factory FEB Unila dan berharap Universitas Lampung yang memegang peranan penting sebagai produsen sumber daya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menjadi pioneer dalam melakukan agenda perubahan yg pada akhirnya berkontribusi besar terhadap pembangunan  dan kemajuan provinsi Lampung.

Peresmian gedung Business Learning Center dan Enterpreneur Development Center ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dekan FEB Universitas Lampung bersama Rektor Universitas Lampung dan Asisten I Pemerintah Provinsi Lampung. Setelah itu, dilakukan peninjauan gedung dan penandatanganan prasasti serta pemotongan tumpeng. Pada acara peresmian ini juga dilanjutkan dengan “Nyeruit” bersama. Setelahnya dilanjutkan dengan Talkshow tentang enterpreneur, mengenai kiat-kiat sukses berwirausaha yang mendatangkan para pembicara para profesional yang telah sukses dalam berbisinis. Salah satunya pemilik Tegar Tv Lampung Dr. Nurdiono, S.E., M.M., Akt., CPA., CSRS. dan owner Kripik Shinta oleh-oleh khas lampung yang juga merupakan alumni dari FEB Unila Jurusan Ekonomi Pembangunan.(Jaya/Yandi)