Pembangunan Indonesia menuju bangsa dan negara yang unggul pada 2030 harus mendapat dukungan kuat dan kontribusi yang riil dalam pengembangan sumberdaya manusia dari berbagai elemen bangsa dan negara. Setelah mengalami krisis multidimensi (ekonomi, sosial ,politik, dan keamanan) yang puncaknya terjadi pada tahun 1998, kondisi bangsa dan negara Indonesia masih belum menunjukkan perbaikan signifikan terutama dalam aspek daya saing sumber daya manusia (SDM) dan berbagai hasil atau produk sumberdaya alam (SDA).

Demokratisasi dan otonomisasi penyelenggaraan pemerintahan yang telah berlangsung sejak era reformasi belum memberikan dampak positif terhadap perbaikan kesejahteraan rakyat. Inti masalah dari kelambanan kemajuan
pembangunan di negara kita umumnya terletak pada rendahnya kualitas kepemimpinan dan kualitas SDM. Sejatinya pengembangan kepemimpinan dan SDM ditempuh melalui pengembangan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
Oleh karena itu perlu dirumuskan strategi pengembangan kepemimpinan dan SDM melalui pendidikan tinggi dengan berbagai pengembangan keunggulan universitas secara komprehensif.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) memiliki komitmen kuat untuk mendedikasikan diri dalam rangka meningkatkan daya saing kualitas SDM melalui pembinaan masyarakat unggul yang berbasis pengetahuan (knowledge-based society) khususnya dibidang ekonomi dan bisnis. Bentuk komitmen tersebut diwujudkan dalam berbagai upaya strategik dan sistematik untuk berkembang menjadi fakultas yang handal dan unggul secara nasional, regional mapun internasional.

Dengan mempertimbangkan tantangan dan peluang yang berkembang serta kekuatan dan kelemahan yang ada, sesuai dengan visi Unila untuk menjadi salah satu dari sepuluh perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada tahun 2025, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila melalui Rencana Strategi (Renstra) terus berkarya mencapai Visinya. Renstra FEB Unila ini disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan dalam kurun waktu 2021-2025. Renstra ini memuat visi, misi, tata nilai, sasaran, tujuan, strategi dan pengembangan FEB Unila.

Bandar Lampung, Oktober 2021
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung

Prof. Dr. Nairobi, S.E., M.Si.