“Orang Bijak, Taat Pajak” di FEB Unila

“Orang Bijak, Taat Pajak” di FEB Unila

FEB Unila | Orang bijak, taat pajak. Slogan itu bermakna penting bagi pegawai di FEB Unila. Paling tidak seperti yang terlihat di Gedung Akuntansi FEB Unila. Ada yang menarik di sana, tenaga pendidik dan kependidikan terlihat sibuk menggunakan komputer di laboratorium komputer lantai dua. Sepasang mata mereka harus berpindah perhatian, melihat layar komputer, lembar  SPT dan memperhatikan pemandu.

Hari ini, Rabu (14/3) memang berlangsung kegiatan pendampingan pengisian SPT Pajak Penghasilan (PPh)  orang pribadi tahun 2017 melalui e-filling. Dua orang petugas dari Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung yakni Andry Putranto dan Jaka Rahmadi membantu memberikan penjelasan dan praktek pengisiannya.

Peserta, yang belum menyetor SPT PPh 2017 terlihat antusias mempraktekkan pengisian data SPT-nya. Beberapa dosen senior tampak hadir, di antaranya Prof. Mahatma Kufepaksi, Dr. Einde Evana, Dr. Muhidin Sirat, Dr. Hidayat Wiweko, Dr. Ilham Lihan, dan beberapa dosen lainnya.

Seperti diketahui, batas akhir penyampaian SPT PPh akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2018 mendatang. Wajib pajak dapat menyetorkan SPT melalui online e-filling maupun datang langsung ke kantor pajak di wilayahnya.

Beberapa pegawai di FEB Unila yang belum melakukan pengisian dan penyetoran SPT bergantian mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak pagi sampai siang. Kendala yang dialami diantaranya ada yang belum jelas dengan beberapa pertanyaan dalam formulir e-filling dan keterbaruan data pribadi, dan ada yang juga lupa password aplikasi tersebut.

Setelah pendampingan ini, peserta diharapkan dapat memahami penggunaan e-filling dan lebih mudah untuk mengisi SPT pada tahun selanjutnya. Mereka diharapkan juga dapat membantu sivitas akademika Unila dan masyarakat yang belum melaporkan SPT, mengingat masih ada waktu untuk pelaporan tersebut. (dedi)

[su_slider source=”media: 6098,6099,6100,6101,6102,6103,6104,6105,6106,6107,6108,6109,6110,6111,6112,6113″ link=”lightbox” title=”no”]