FEB Unila Gandeng DJP Gelar Pendampingan Pengisian SPT

FEB Unila Gandeng DJP Gelar Pendampingan Pengisian SPT

FEB Unila | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung bekerjasama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung selenggarakan pendampingan pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak bagi para ASN dilingkungan Unila, Selasa (13/03/2019). Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Jurusan Akuntansi FEB Unila, mendatangkan sebanyak 13 orang petugas pajak dari KKP Kedaton serta  10 orang relawan pajak yang merupakan mahasiswa FEB Unila untuk mendampingi dan membantu para wajib pajak yang melakukan pengisian SPT.

Terlihat para Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari berbagai fakultas yang belum melakukan pengisian SPT bergantian mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari ini. Hadir pada kesempatan ini beberapa dosen senior, diantaranya Dr. Einde Evana, Muhidin Sirat, Hidayat Wiweko, Dr. Ilham Lihan, dan R. Wedie Andrianto yang merupakan Ketua Tax Center FEB Unila serta beberapa dosen dan karyawan lainnya.

Seperti diketahui, batas akhir penyampaian SPT Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi tahun 2018 berakhir pada 31 Maret 2019. Para wajib pajak dapat menyetorkan SPT melalui online e-filling maupun datang langsung ke kantor pajak. Kepala seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KKP Kedaton, Mislan menyampaikan beberapa kendala yang dialami para wajib banyak diantaranya, banyaknya yang lupa kata sandi maupun e-fin, terdapat juga yang belum jelas dengan beberapa pertanyaan dalam formulir e-filling serta keterbaruan data pribadi.

Kegiatan pendampingan pengisian SPT yang digagas Tax Center FEB Unila ini sudah yang ketiga kalinya, yang dimulai sejak tahun 2017 silam. Diharapkan setelah pendampingan ini para wajib pajak dapat memahami penggunaan e-filling dan dapat lebih mudah untuk mengisi SPT pada tahun-tahun selanjutnya, serta dapat mensosialisasikannya kepada sivitas akademika unila yang belum melakukan pelaporan SPT. (Yandi)