FEB Unila dan IZI Lampung Luncurkan Kampung Wisata Edukasi

FEB Unila dan IZI Lampung Luncurkan Kampung Wisata Edukasi

FEB Unila | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila bersama Inisiatif Zakat Indonesia Cabang Lampung mendaulat Kelurahan Gunung Sulah Bandar Lampung  menjadi Kampung Wisata Edukasi UMKM. Peluncuran yang diresmikan langsung oleh Plt. Walikota Bandar lampung Yusuf Kohar, bertempat di Jalan Sasonoloyo I, Gunung Sulah, Way Halim Bandar Lampung Rabu (09/05).

Dekan FEB Unila, Satria Bangsawan mengatakan menjadikan kelurahan Gunungsulah sebagai kampung wisata karena daerah tersebut terdapat sejumlah UMKM dibidang tahu dan tempe yang digeluti masyarakat sekitar. Menurut dia, FEB Unila sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjalankan Tri Dharma dalam melakukan riset dan pengabdian terhadap masyarakat, mempunyai tanggung jawab memberikan sentuhan agar UMKM dapat berkembang baik.

Ia mengatakan, dalam memberikan sentuhan UMKM, pihaknya melibatkan sejumlah mahasiswa dan dosen untuk memberikan pendampingan agar usaha yang digeluti masyarakat terus berkembang. Satria mencontohkan pendampingan dari mahasiswa program studi akuntansi, yakni membimbing masyarakat dalam membuat pembukuan keuangan yang baik. Selanjutnya, mahasiswa manajemen membantu membimbing membuat produk yang efektif dan efisien sesuai selera pasar. “Mahasiswa kami membantu dan membimbing masyarakat agar produk yang dihasilkan disukai pasar. Seperti membuat kemasan, membangun citra, hingga memasarkan produk harus dengan cara-cara yang efektif dan efisien,” kata dia kepada lampost.co, Rabu (9/5/2018).

Ketua IZI cabang Lampung, Agus Irawan mengatakan peluncuran ini merupakan salah satu bukti nyata IZI sebagai lembaga amil zakat untuk secara berkelanjutkan mendistribusikan zakat bagi masyarakat. Selain itu IZI besama FEB juga membentuk Pusat Inkubator Kemandirian yang didalamnya terdapat pelatihan menjahit, toko mandiri masyarakat, wisata edukasi serta edu-kreasi masyarakat.

Acara peluncuruan ini dihadiri Plt. Walikota Bandar Lampung, Dekan dan Para Wakil Dekan FEB Unila, Lurah Gunung Sulah, Perwakilan Dinas Pariwisata, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, Dosen dan mahasiswa serta para masyarakat sekitar. Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat Kampung wisata Edukasi gunung sulah ini yakni, mesin jahit, LCD proyektor serta bantuan pendanaan bagi usaha mandiri dibidang industri fermentasi kedelai seperti tahu, tempe dan oncom. (Yandi)