“DJPK GOES TO CAMPUS”

“DJPK GOES TO CAMPUS”

FEB Unila | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung menjadi tempat pertama penyelenggaraan roadshow “DJPK goes to campus” yang merupakan program dari Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan RI. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Senin, 5 November 2018 bertempat di ruang A1 FEB Unila dengan menghadirikan Sekretaris Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Bapak Rukijo, S.E., M.M. sebagai narasumber pada kuliah umum yang bertema pengelolaan belanja negara untuk daerah dan APBD yang adil, sehat, dan mandiri untuk peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Pada pembukaan kegiatan tersebut, Dr. Ambya, S.E., M.Si. selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, Dr. Ambya mengaharapkan seluruh peserta dapat menggali secara mendalam tentang bagaimana pengelolaan keuangan negara untuk APBN dan APBD serta bagaimana bentuk pengimplementasian dan pengawasannya langsung dari narasumber yang merupakan sesdirjen DJKP. Materi yang disampaikan oleh Bapak Rukijo terbagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama memaparkan tentang pengelolaan APBN dan sesi kedua dilanjutkan dengan materi mengenai pengelolaan APBD. Diakhir kuliah umum, Bapak Rukijo memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berdiskusi dengan membuka sesi tanya jawab yang diikuti para peserta dengan antusias.

Pada kegiatan itu dihadiri pula oleh ketua jurusan Ekonomi Pembangunan Dr. Nairobi, S.E., M.Si., perwakilan dari pemerintah daerah kabupaten/kota se-provinsi Lampung, serta peserta kegiatan yang berjumlah sekitar 300 orang yang merupakan mahasiswa Universitas Lampung yang berasal dari 3 fakultas yaitu fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, dan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. (Jaya)