BEM FEB Unila Bersama Kemenkominfo Gelar Dialog Publik

BEM FEB Unila Bersama Kemenkominfo Gelar Dialog Publik

FEB Unila | Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi RI selenggrakan Dialog Publik, Selasa (19/03/2018), di GSG Unila. Kegiatan yang bertajuk, “Peluang dan Tantangan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0” menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Septriana Tangkary Direktur IKPM Kemenkominfo, Adita Irawati Staf khusus Presiden Bidang Komunikasi, Ir. Hari Purwanto Staf Ahli Menristekdikti Bidang Infrastruktur, dan Prof. Henri Subiakto Staf ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum.

Hadir pada kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK Unila Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Ir. Achmad Chrisna Putra Dekan FEB Unila Prof. Dr. Satria Bangsawan serta para Wakil Dekan, jajaran pimpinan dan dosen FEB Unila.

Dalam sambutannya, Warek IV Unila Prof. Mahatma menyampaikan, berdasarkan hasil penelitian tingkat ketergantungan manusia pada teknologi sangatlah tinggi. Hal ini dilihat dari durasi tidur manusia yang lebih singkat dibandingkan dengan lamanya penggunaan manusia terhadap ponsel (smartphone). Terutama pada wanita yang lebih sering dan lebih aktif di media sosial dibandingkan pria. Diharapkan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kita semua, terutama para generasi milenial. Generasi yang kini sedang tumbuh dan berkembang di era revolusi industri 4.0 .

Sementara itu Staf khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati dalam pemaparannya menyampaikan, di era digital, infrastruktur merupakan suatu pondasi utama, kita tidak bisa masuk di era 4.0 kalo kita belum memiliki infrastruktur digital yang baik. Palapa Ring merupakan infrastruktur digital yang telah disiapkan pemerintah. Jaringan serat optik nasional yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia yang memiliki efisiensi serta kecepatan dalam pengiriman informasi.

Kegiatan yang digagas BEM FEB Unila ini diikuti sekitar 500 orang peserta, yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Lampung diantaranya, mahasiswa dari Unila, UIN Radin Intan, UBL dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Tampak diselah-selah acara para narasumber memberikan bingkisan kepada para peserta yang aktif bertanya.(Yandi)