Audit Internal LP3M pada FEB Unila

Audit Internal LP3M pada FEB Unila

FEB Unila | Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2003 telah melaksanakan audit internal khususnya untuk kegiatan perkuliahan yang dikoordinir oleh satuan-satuan tugas sistem pemjaminan mutu internal (SPMI) yang diawali oleh Tim SPM (QA) dari Project TPSDP Unila, lalu dilanjutkan dengan gugus tugas dengan nama Kantor Penjaminan Mutu Universitas (KPMU) hingga tahun 2009.

Tahun 2009 dibentuklah Unit Pelaksana Teknis-Pusat Penjaminan Mutu Universitas (UPT-PPMU) Unila sebagai unit kerja resmi secara struktural di bawah Pembantu Rektor I Unila, hingga 2014.  Selanjutnya, sesuai dengan Organisasi dan Tata Kelola (OTK) Unila 2014 (Permendikbud No 72 tahun 2014 tentang OTK Unila) dan Surat Keputusan Rektor Unila No. 1348/UN26/kp/2014, Tanggal 13 Agustus 2014 Tentang Pengangkatan Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unila serta Pelantikan Ketua dan Sekretaris LP3M Unila pada tanggal 18 Agustus 2014, maka UPT-PPMU dan UPT Pelayanan Pembelajaran (UPT PP) resmi digabung menjadi LP3M Unila hingga sekarang.

LP3M saat ini telah memiliki dua pusat; Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) dan Pusat Penjaminan Mutu (PPM). PKPP yang ada saat ini  adalah gabungan dari Pusat Pengembangan Pembelajaran (PPP) dan Pusat Pengembangan Kurikulum (PPK). PPP dan PPM dibentuk saat lahirnya LP3M yaitu pada 18 Agustus 2014, sedangkan PPK dibentuk pada tanggal 31 Maret 2015 dengan No. SK Ketua PPK: 178/UN26/KP/2015.

Pada tingkat fakultas telah dibentuk 8 Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) dan di tingkat program studi dibentuk juga 76 Tim Penjaminan Mutu Program Studi (TPMP).  Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa konsep penjaminan mutu terimplementasikan dari Universitas hingga ke Program Studi. Kegiatan ini juga salah satu alat untuk mencapai visi LP3M.

Pada Selasa (04/09), Tim auditor LP3M Unila yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. dan Priyambodo, M.Sc melakukan audit pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Agenda audit rutin tahunan yang bertujuan untuk memastikan bahwa continuous improvement dilaksanakan di unit kerja, dan membantu unit kerja memotret diri, mengevaluasi kesesuaian capaian dengan standar mutu, serta mengevaluasi capaian renstra dari masing-masing fakultas yang di audit.

Kehadiran tim audit internal dari LP3M Unila ini disambut langsung oleh Dekan FEB Prof. Dr. Satria Bangsawan, S.E., M.Si. didampingi para wakil dekan dan segenap jajaran pimpinan dilingkungan FEB Unila. Dekan FEB Unila Prof. Dr. H. Satria Bangsawan, S.E., M.Si. menyampaikan sambutan sekaligus presentasi terkait pencapaian dan apa saja yang telah dilakukan oleh FEB dalam kurun waktu terakhir. Prof Satria juga memaparkan tentang target-target FEB kedepan serta apa saja yang sekarang tengah dikerjakan.

Dalam sambutannya, Ketua Auditor yang juga merupakan Ketua LP3M Unila Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si , memberikan apresiasi atas pencapaian yang telah dilakukan FEB Unila. “FEB selalu menjadi fakultas yang paling terdepan, menjadi bagi bagi fakultas lain”, ujarnya. Serta Ketua LP3M ini memberikan beberapa saran dan masukan kepada FEB Unila khususnya dalam meningkatkan capaian kedepannya.

Audit dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dengan melakukan pengecekan terhadap Borang penilaian serta capaian restra dan berakhir hingga pukul 17.00 WIB. Pada kesempatan ini, hadir pula para observer yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Nusa Tenggara Barat. Para observer yang merupakan binaan dari LP3M Unila ini, dibawa mengelilingi untuk melihat fasilitas yang ada di FEB Unila. (Jaya/Yandi)